Ponpes Dahlan Ikhsan Blitar, Pondok Pesantren Hadist Kutubusittah

Posted on

 

Keinginan saya untuk bisa lebaran di Lamongan ternyata terkabulkan. Pasalnya, liburan semester kali ini menyisakan banyak hari di bulan Ramadhan. Kebetulan ada seorang teman yang ingin pergi ke jawa untuk mengikuti Asrama Al Qur’an di Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri. Berhubung searah akhirnya kami pun berangkat berdua dari Lampung.

Saya mengantarkan teman ke Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri terlebih dahulu. Saya bermalam di pondok beberapa hari untuk mengistirahatkan badan. Selama di pondok saya juga mengikuti kegiatan Asrama Al Qur-an.

Di luar jam pengajian, saya mencari informasi mengenai ponpes yang mengkaji Hadist Kutubusittah. Kali aja di kesempatan yang akan datang bisa nyantren disana. Alhasil, saya dapat informasi mengenai Pondok Pesantren Dahlan Ikhsan Blitar. Ponpes tersebut tidak jauh dari Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri.

Ponpes Dahlan Ikhsan merupakan salah satu pondok Hadist Kutubusittah yang dinaungi Lembaga Dakwah Islam Indonesia. Ponpes ini beralamat di Jl. Pancasila No.17 desa Sukosewu, kec. Gandusari, kab. Blitar, Jawa Timur.

Saya pergi ke Pondok Pesantren Dahlan Ikhsan Blitar naik kereta api. Dengan modal nekat dan banyak tanya, akhirnya sampai juga. Saat itu disana sedang mengkaji Hadits Sunan Tirmidzi yang direncanakan khatam lima hari lagi. Setelah itu pondok libur dan masuk lagi setelah lebaran sepuluh hari.

Ada beberapa rute yang bisa dilewati untuk bisa sampai di Pondok Pesantren ini, diantaranya:

  • Naik Bus
    Dari terminal Kediri atau Malang, turun di lampu merah Talun, kemudian naik ojek turun di “Pondok Mbah Rofiq”.
  • Naik Kereta Api
    Dari Staiun Kediri atau Malang turun di Stasiun Talun, kemudian naik ojek turun di “Pondok Mbah Rofiq”.
    Biaya dari Stasiun Talun / perempatan Talun ke pondok sekitar Rp 15.000.

Saya pun bermalam beberapa hari sampai Hadist Sunan Tirmdzi dikhatamkan. Selain itu sambil adaptasi dengan cuaca Blitar. Nyatanya, cuacanya sangat dingin dan saya pun sempat tepar.

Pengajian di Pondok Pesantren Dahlan Ikhsan setiap hari, liburnya hari Jum’at sampai ba’da maghrib. Adapun waktu pengajiannya sebagai berikut:

  • Ba’da subuh sampai dengan pukul 06:00 Wib
  • Pukul 08:30 – 11.00 Wib
  • Pukul 13:30 – 15:30 Wib
  • Ba’da Magrib sampai adzan isya
  • Pukul 19:30 – 21:00 Wib

Setelah khatam saya kembali lagi ke Pondok Pesantren Wali Barokah Kediri. Sesampainya di sana saya kembali mengikuti kegiatan Asrama Al Qur’an. Beberapa hari kemudian Asrama Al Qur’an selesai. Setelah selesai saya melanjutkan perjalanan ke Lamongan untuk lebaran disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *