Cara Mengecek Potongan UKT UNILA dengan ATM

Posted on

Beberapa mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi mungkin banyak sekali lika liku yang harus di lalui. Bahkan tak jarang membuat batin dan pikiran nya sangat mudah untuk tertekan, terutama saat-saat memasuki tanggal pembayaran uang kuliah seperti ini. Apalagi yang kuliahnya murni beasiswa dari orang tua seperti saya. Belum bisa lulus tepat waktu, belum juga bisa berpenghasilan, mau minta pun enggan. #hiyahiyahiya

Pokoknya banyak sekali keadaan yang mungkin cukup menekan batin dan pikiran. Ada yang berbulan-bulan baru berhasil ngumpulin semangat, giliran ke kampus mau bimbingan ternyata dosennya lagi sibuk-sibuknya atau bahkan lagi ke luar kota. Alhasil semangatnya pun padam  dan harus nunggu berbulan-bulan lagi untuk bisa terkumpul #hiyahiyahiya.

Ada juga yang saking tertekannya sampai sengaja ngilang, sampai-sampai dosen nya buat sayembara “Siapa saja yang berhasil membawa doi ke kampus akan di beri hadiah” #hiyahiyahiya

Yahh mungkin seperti itulah secuil lika liku pejuang skripsi, para mahasiswa yang sudah punya banyak adik tingkat. Meski begitu, harus tetap berusaha untuk bisa tanggung jawab. Setidaknya bisa menyelesaikan apa yang telah di mulai. Bisa mewujudkan harapan orang tua yang telah berjuang sekuat jiwa raga.

Alhamdulillah, untuk mahasiswa semester 8-12 yang telah melaksanakan seminar proposal, hasil ataupun sebar skripsi bisa mengajukan permohonan keringanan pembayaran  uang kuliah atau biasa disebut UKT (Uang Kuliah Tunggal). Untuk yang sudah seminar proposal bisa mendapatkan keringanan 25%, yang sudah hasil ataupun ujian skripsi 50% dan yang sudah sebar skripsi biaya kuliah nya di bebaskan.

Setelah permohonan keringanan pembayaran UKT telah di setujui oleh Fakultas. Selanjutnya perlu dilakukan pengecekan tagihan uang kuliah, apakah sudah tepotong sesuai persentase yang telah diajukan ataukah belum.

Kalau tagihan uang kuliah sudah terpotong, selanjutnya bisa melakukan pembayaran. Kalaupun belum, tunggu saja atau bisa konfirmasi ke bagian keuangan Gd. Rektorat Lt.II. Bawa bukti surat persetujuan Fakultas terkait permohonan keringanan pembayaran UKT (bisa berupa foto, cekrek)

Sebenarnya saya belum pernah ada niatan untuk berbagi pengalaman ngecek potongan UKT.  Memang baru kali ini juga saya melakukan permohonan. Berhubung tadi pas ngantri di Bank BNI banyak teman-teman yang mau ngecek potongan UKT melalui teller, namun gak jadi karena mungkin terlalu lama untuk ngantri.

Akhirnya saya tergugah untuk Sharing Tipis-tipis, berbagi pengalaman melaui tulisan ini, ya meskipun mungkin bahasanya masih ngalur ngidul, masih belepotan, terlalu susah untuk di mengerti. Maapkeun, ..

Beberapa kali yang lalu saya juga sempet ngecek potongan UKT, nyatanya belum juga kepotong. Setelah itu saya tanya ke dekanat, ternyata saya baru tahu bahwa permohonan keringanan pembayaran UKT tidak berlaku untuk mahasiswa yang UKT nya golongan 1 & 2 seperti saya. #hiyahiyahiya Padahal lumayan kan ya, kalau bisa kena potongan 50 %, bayarnya kan cuma Rp. 500.000,-.

Cara cek potongan UKT sebenarnya sama seperti bayar biaya kuliah lewat ATM. Hanya saja setelah informasi biaya tagihan kuliah muncul transaksi tidak dilanjutkan. Kan niatnya cuma pengen tau udah ke potong apa belum, bukan untuk bayar Hehe

Baca Juga : Cara Membayar Uang Kuliah UNILA melalui ATM BNI

Berikut ini cara Cek Potongan Biaya Kuliah UNILA melalui ATM dengan mudah.

  •  Masukkan kartu atm dan pin hingga muncul “menu penarikan cepat”.
  •  Pilih opsi “menu lain
  •  Pilih opsi “pembayaran”.
  • Pilih opsi “menu berikutnya”.
  •  Pilih opsi “universitas
  •  Pilih opsi “student payment center (SPC)
  • Maka akan muncul menu “masukkan kode lembaga pendidikan dan diikuti nomor tagihan SPC”
  • Pilih opsi “kode lmbg pendidikan” ( kalau belum tahu kode universitas nya)
  • Setelah muncul menu “daftar kode lembaga pendidikan”, silahkan cari kode universitas .
  •  Setelah kode nya ketemu, pilih opsi “menu entry”.
  • Masukkan kode lembaga pendidikan dengan diikuti nomor tagihan SPC (NPM).
  • Pilih opsi “tekan jika benar”.
  • Setelah muncul menu “informasi tagihan SPC”, silahkan dicek (nama univ, no tagihan, nama mahasiswa, jurusan, dan rincian pembayaran).
    Kalau tagihan pembayaran masih seperti yang dulu-dulu, berarti biaya kuliah belum terpotong.

Begitulah cara mengecek potongan UKT atau biaya kuliah di UNILA. Selamat mencoba, semoga tulisan yang tidak seberapa ini bisa membantu teman-teman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *