Alamat, Sejarah dan Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Posted on

Rasa-rasanya kurang afdol, kalau liburan ke Jogja tapi tidak main ke Pantai Parangtritis. Sangat mudah untuk menemukan pantai yang banyak cerita mitos dan sejarah nya ini. Selain harga tiket masuknya murah, yang paling menarik dari pantai parangteritis ini kamu bisa menikmati indahnya sunset. Kamu juga bisa berkeliling menyisiri pantai dengan menggunakan dokar atau andong, bisa juga dengan ATV (all terrain vehicle).

Banyak sekali pengunjung yang datang ke pantai ini, apalagi saat-saat liburan sekolah, libur lebaran atau idul fitri dan pada hari-hari libur lainnya. Pengunjung ada yang dari lokal atau kota-kota dalam negeri, ada juga dari mancanegara.

Alamat Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis berada di pantai selatan Jogja, dari pusat kota Jogja sekitar 27 km ke arah selatan. Alamat Pantai Parangtritis tepatnya di Desa Parangteritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Jogjakarta, Indonesia.

Beberapa pantai indah lainnya di Jogja yang berada di garis pantai yang sama dengan Pantai Parangtritis yaitu Pantai Parangkusumo, Pantai Parangendong, Pantai Pelangi dan Pantai Depok.

Lokasi Pantai Parangtritis masih cukup terjangkau dengan angkutan umum. Namun kalau menggunakan angkutan umum sebaiknya jangan terlalu sore, operasi angkutan umum seperti bus itu cuma sampai jam 5 sore saja.

Selain itu kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor atau mobil. Atau juga bisa degan menyewa mobil atau motor di Jogja. Bisa juga dengan naik taxi online. Cukup mudah bukan, apalagi jam buka Pantai Parangtritis 24 jam, kamu bisa bebas memlilih waktunya.

Sejarah Pantai Parangtritis

Sejarah Pantai Parangtritis memang masih berkaitan erat dengan cerita-cerita mistis. Katanya, nama Parangtritis berasal dari kata Parang (batu karang) dan Tritis (tetesan air) sehingga bisa diartikan batu karang yang terkena tetesan air.

Menurut asal usulnya, nama tersebut berasal dari seorang laki-laki (nama: Dipokusumo) yang lari dari Kerajaan Majapahit, kemudian semedi di pantai yang belum punya nama. Saat itu dia melihat batu karang yang tertetesi air, dari pemandangan indah tersebut muncullah nama Parangtritis.

Misteri Pantai Parangtritis

Seperti cerita yang sudah beredar di masyarakat, katanya Pantai Parangtritis ini pintu masuk Nyi Roro Kidul, ratu pantai selatan. Kabarnya Nyi Roro Kidul suka dengan warna hijau, sehingga ada larangan kalau ke Pantai Parangtritis tidak boleh memakai baju warna hijau.

Namun kayaknya, di sekitar pantai tidak ada tulisan dilarang memakai baju hijau. Ataupun teguran pada yang menggunakan baju hijau. Biar tidak penasaran, boleh tuh di coba ke Pantai Parangtritis menggunakan baju berwarna hijau. Sepertinya ada yang menegur gak ya, hehe.

Harga Tiket Masuk Pantai Parangtritis

Harga tiket masuk Pantai Parangtritis sebesar Rp. 3.000,- per orang. harga nya terbilang masih cukup murah seperti biaya masuk Pantai Parangkusumo Jogja. Harga selengkapnya sebagai berikut:

  • Harga tiket masuk : Rp 3.000,- per orang
  • Biaya masuk sepeda motor : Rp. 1.000 per motor
  • Biaya masuk mobil : Rp. 5.000,- per mobil
  • Parkir sepeda motor : Rp 2.000 per motor
  • Parkir mobil : Rp. 5.000,- per mobil
  • Harga sewa ATV : Rp. 50.000-100.000,- per setengah jam
  • Harga sewa kuda : Rp 20.000,- per sekali putaran

Itulah sedikit informasi mengenai alamat Pantai Parangtritis, sejarah Pantai Parangtritis, misteri Pantai Parangtritis dan harga tiket masuk Pantai Parangtritis yang dapat berubah sewaktu-waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *